Tips Sehat Pencernaan : Mengenal Karakteristik Probiotik



Probiotik adalah bakteri hidup dan aktif, memiliki sifat mirip dengan mikroorganisme baik yang hidup di usus besar manusia.

Probiotik sering ditambahkan pada makanan dan suplemen karena memiliki manfaat untuk kesehatan.



Sifat Kimia Probiotik

Selama bereperoduksi dan bernapas, probiotik menghasilkan sejumlah besar asam laktat. Senyawa ini bertanggung jawab terhadap kualitas banyak obat probiotik, serta rasa asam pada yogurt dan kimchee.


Jenis Probiotik

Dua spesies probiotik yang paling umum adalah Lactobacillus acidophilus yang sering disingkat sebagai acidophilus dan Bifidobacterium bifidus, yang disebut juga Bifidobacterium.

Banyak suplemen dan makanan yang mengandung kedua jenis probiotik ini.


Efek Probiotik terhadap Pencernaan

Probiotik bekerja secara simbiosis dengan saluran pencernaan manusia. Probiotik membantu memecah protein dan gula, sehingga fungsi usus menjadi lebih teratur dan membaik.


Sifat Probiotik untuk Melawan Penyakit

Probiotik bersaing dengan bakteri patogen dan jamur, termasuk ragi.
Ketika tubuh memiliki banyak bakteri baik, seperti probiotik, mereka akan mendesak keluar organisme penyebab penyakit dan membuat usus besar kurang ramah terhadap bakteri patogen, sehingga bakteri jahat menjadi sulit berkembang.


Sumber Probiotik

Makanan sumber probiotik termasuk diantaranya adalah makanan hasil kultur bakteri, misalnya yogurt, tempe, kimchee, miso, dan susu fermentasi.
Beberapa produsen suplemen juga membuat coklat dan wafer yang mengandung kultur probiotik.[]



sumber : amazine.co

This entry was posted in . Bookmark the permalink.